Jalur Sembalun dan Aik Berik Aman, Pendakian Ke Rinjani Siap Dibuka Kembali

Taman Nasional Gunung Rinjani

Mataram (Global FM Lombok)- Pendakian ke Gunung Rinjani akan kembali dibuka setelah lebaran bulan Juni 2019. Keputusan untuk membuka lagi pendakian ke Rinjani setelah dilakukan survei oleh tim yang terdiri dari sejumlah pihak. Namun jalur pendakian terbatas hanya di jalur Sembalun dan Aik Berik saja. Sementara jalur Senaru dan Timbanuh masih dalam tahap evaluasi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Lalu Mohammad Faozal kepada Global FM Lombok di Mataram, Rabu (22/05). Ia mengatakan, jalur Aik Berik, Lombok Tengah relatif tidak terpengaruh oleh bencana gempa bumi yang melanda Lombok tahun 2018 lalu, sehingga akan tetap dibuka. Sementara jalur Sembalun berdasarkan hasil survei sudah aman untuk dilalui, bahkan sampai ke Danau Segara Anak.

“Selesai lebaran ini, TNGR dan lainnya akan naik. Kemarin sudah ada survei, teman-teman sudah naik. Yang jelas Sembalun akan kita buka, terus Aik Berik dong. Kalau Senaru kita akan evaluasi. Nanti sampai Segara Anak, kalau jalur pendakian Aik Berik yang tidak sampai,” kata  Lalu Mohammad Faozal, Rabu (22/05).

Sebelumnya, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) memutuskan untuk membatalkan pembukaan jalur pendakian Gunung Rinjani pada bulan April kemerin sesuai dengan rencana awal. Penyebabnya karena berdasarkan hasil survei sebelumnya, jalur Senaru dan Sembalun berbahaya bagi aktivitas pendakian karena kerusakan akibat gempa dan potensi bahaya longsor susulan.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply