Runway BIL Akan Diperpanjang Menjadi 3.300 Meter

Sejumlah penumpang pesawat baru mendarat di BIL

Praya (Global FM Lombok)- Perpanjangan landasan pacu (runway) Bandara International Lombok (BIL) yang dijanjikan oleh presiden Jokowi sedang dalam proses finalisasi perencanaan pembangunan. Hal itu dikatakan General Manager PT Angkasa Pura I BIL, Nugroho Jati, Rabu (10/4) di Praya. Dia mengatakan, proses perencanaan tersebut berlangsung di tingkat pusat.

Runway BIL akan diperpanjang 500 meter sehingga menjadi 3.300 meter dari panjang landasan saat ini yaitu 2.800 meter. Rencananya perpanjangan runway BIL akan dimulai pada akhir tahun 2019 dan diharapakan tuntas di tahun 2020. Sehingga siap untuk menyambut perhetalan event MotoGP 2021. Sementara untuk total anggaran pembangunannya belum diketahui secara pasti karena hal itu berproses di kantor pusat.

“Kalau perpanjangan runway itu prosesnya sudah ada di kantor pusat. Tahap rencana teknik rinci dan ini sudah dalam perencanaan dan tinggal menunggu finalisasi saja. Kurang lebih 500 meter, menjadi 3.300.meter. Saya kira bisa dimulai akhir tahun ini walaupun 5 persen tapi harus star “,katanya .

Dikatakan bahwa perpanjangan runway BIL ini sudah menjadi keinginan pelaku wisata di NTB sejak lama. Pasalnya, untuk memajukan pariwisata NTB diperlukan sarana prasarana pendukung yang memadai. Selain itu, perpanjangan runway BIL  dipandang penting agar mampu menarik  penerbangan langsung dari berbagai negara. Termasuk yang menjadi pertimbangan juga adalah rute dari Australia bisa dibuka kembali.(dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply