10.218 RTG di NTB Sudah Rampung, 38 Ribu Sedang Dikebut

M-RUM

Mataram (Global FM Lombok)- Sebanyak 10.218 Rumah Tahan Gempa (RTG) untuk korban gempa di NTB sudah selesai dibangun. Sementara lebih dari 38 ribu rumah lainnya sedang dalam proses pembangunan di tujuh kabupaten kota yang terdampak gempa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Muhammad Rum kepada wartawan, Jumat (29/03) mengatakan, dari 10.218 unit rumah yang sudah selesai dibangun itu, sebanyak 2.193 unit masuk kategori rumah rusak berat, 1.845 rumah rusak sedang dan 6000 rumah rusak ringan.

Muhammad Rum mengatakan, masyarakat boleh memilih konsep rumah yang diinginkan asalkan masuk dalam kategori rumah tahan gempa seperti rumah instan sederhana sehat (Risha), rumah konvensional, rumah kayu, dan rumah berbahan baja.

Untuk mempercepat pembangunan rumah tahan gempa, pemerintah terus menambah fasilitator. Hingga saat ini, jumlah fasilitator yang tersedia sebanyak 3.338 personil. Sementara itu, TNI juga semakin aktif membantu kelompok masyarakat dalam rangka membangun rumah tahan gempa. Jumlah TNI dari satuan Zeni yang dikerahkan di NTB untuk membantu pembangunan rumah korban gempa sebanyak 1000 personil.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply