Walhi Koordinasi dengan Mabes Polri Terkait Kasus Teror Aktivis Lingkungan

Mobil dan sebagian rumah yang hangus dibakar

Mataram ( Global FM Lombok)- Organisasi Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Pusat sudah melakukan koordinasi dengan Mabes Polri terkait dengan kasus teror dan dugaan perencanan pembunuhan terhadap aktivis lingkungan di NTB. Kasus ini dinilai sangat penting lantaran aktivis lingkungan yang seharusnya mendapat dukungan dalam upaya melawan kegiatan-kegiatan perusakan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan oleh Manager Hukum Lingkungan dan Litigasi Eksekutif  Nasional Walhi, Ronald M Siahaan saat mendampingi Direktur Eksekutif Walhi NTB, Murdani melapor ke Polda NTB, Rabu (30/1). Ia mendesak pihak kepolisian agar serius menangani kasus ini, mengingat pelaku percobaan pembunuhan terhadap aktivis lingkungan masih bebas berkeliaran hingga saat ini.

Ronald mengatakan, penyidik kepolisian seharusnya sudah memeriksa saksi-saksi kasus pembakaran rumah dan percobaan pembunuhan terhadap Direktur Walhi NTB dan keluarganya. Jika  penyidik kepolisian dinilai tak memiliki progres terkait penanganan kasus ini selama tujuh hari kedepan, Walhi akan melapor ke Presiden dan Mabes Polri agar kasus ini ditangani oleh Mabes Polri.

“Kalau polisi main-main atau tak profesional, dalam 7 kali 24 jam ini kami akan meminta Presiden dan Mabes Polri untuk mengambil alih kasus ini atau memeriksa penyidik-penyidik di Polsek mengapa mereka tidak bisa kerja profesional, ini yang kami minta ke Mabes begitu kami pulang dari Lombok,” kata Ronald, Rabu (30/1)

Sebagaimana diketahui, peristiwa perencanaan pembuhunan terhadap   Direktur Eksekutif Walhi NTB Murdani terjadi pada Senin (28/1) dini hari lalu sekitar pukul 03.00 di rumahnya di Desa Menemeng, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah. Dia bersama keluarga berhasil selamat, namun kendaraan dan sebagian rumahnya hangus dilalap api. Kuat dugaan, kasus ini akibat dari gencarnya perlawanan Walhi NTB terhadap aktivitas tambang galian C ilegal di daerah tersebut.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply