Korban Suspect Rabies di Dompu Bertambah, 440 Kasus Gigitan Anjing, Empat Meninggal

Anjing rabies (ilustrasi)

Mataram ( Global FM Lombok)- Kasus penyakit rabies di Kabupaten Dompu masih tetap menjadi prioritas penanganan pemerintah daerah. Terlebih suspect korban rabies di Dompu terus terjadi peningkatan. Berdasarkan data hingga tanggal 30 Januari kemarin, sebanyak 440 kasus gigitan anjing yang sudah dilaporkan. Dari jumlah itu, sudah empat orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Hj. Iris Juita Kastianti kepada Global FM Lombok, Kamis (31/1) mengatakan, semua masyarakat yang pernah digiit anjing sejak bulan Oktober 2018 lalu sudah diberikan vaksin oleh tim kesehatan.Bahkan di akhir Januari ini, korban gigitan anjing sedang menerima vaksin tahap dua.

“Memang yang suspect itu ada empat orang. Masih suspect ya, kami belum pastikan rabies atau tidak, karena belum mendapatkan hasil laboratoriumnya. Keterangannya yang meninggal ini pernah digiit anjing ada yang bulan November, ada yang bulan Oktober,” Kata Iris Juita, Kamis (31/1)

Iris Juita mengatakan, penanganan kasus rabies ini sedang dilakukan di Kabupaten Dompu. Setiap ada laporan kasus gigitan anjing, korbannya langsung diberikan vaksin untuk memberikan kekebalan melawan virus rabies. Para petugas yang terdiri dari dokter dan perawat sudah disiapkan di rumah sakit dan puskesmas-puskesmas.

Sementara di sisi lain, Dinas Peternakan  dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu sedang melakukan eleminasi terhadap anjing liar yang jumlahnya lebih dari 5 ribu ekor. Sementara anjing peliharaan diberikan vaksin anti rabies oleh para petugas.(ris)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply