Kabupaten Dompu KLB Rabies, 275 Kasus Gigitan, Dua Orang Meninggal Dunia

Anjing penyebar rabies

Mataram (Global FM Lombok)- Kabupaten Dompu saat ini berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus rabies atau penyakit anjing gila. Karena hingga awal tahun 2019 ini, sebanyak dua orang meninggal dunia karena gigitan anjing rabies. Masyarakat yang digigit di Kabupaten Dompu sudah terjadi sejak September 2018 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi kepada Global FM Lombok Selasa (22/1) di Mataram menyebutkan, hingga saat ini jumlah masyarakat yang dilaporkan telah digigit anjing yaitu sebanyak  275 orang. Sebanyak 195 orang sudah diberikan vaksin anti rabies dan akan diberikan selama empat kali dalam jangka waktu 21 hari kedepan. Pemberian vaksin anti rabies ini untuk mengantisipasi penyakit itu terjangkit pada manusia.

“Karena kita sudah lama sekali tidak ada rabies. Satu kasus saja sudah KLB, apalagi seperti ini. Orang yang digigit 275 orang, yang positif rabies anjingnya itu ada sembilan ekor. Kita harus mengawasi pasien yang digigit dan terkena rabies itu selama dua tahun, makanya kita kerja keras sekarang. Makanya lebih baik mencegah, jangan ada anjing liar, kecuali anjing itu ada pemiliknya, kita minta mereka memberikan vaksin. Sekarang dua yang sudah meninggal”kata Nurhandini Eka Dewi Selasa (22/1)

Ia mengatakan, jumlah masyarakat yang digigit anjing dilaporkan terus terjadi peningkatan. Misalnya di bulan September 2018 sebanyak 22 orang, bulan bulan Oktober sebanyak 24 orang, bulan November sebanyak 44 orang,  bulan Desember 2018 sebanyak 94 orang dan di bulan Januari ini baru dilaporkan sebanyak 122 orang.

Penyakit rabies ini tidak saja ditularkan melalui gigitan anjing, melainkan hewan lain seperi kuncing dan kera. Berdasarkan pemeriksaan yang sudah dilakukan petugas, sebanyak sembilan ekor anjing  di Kabupaten Dompu dinyatakan positif terjangkit penyakit rabies. Sementara semua korban yang digigit anjing di Dompu belum bisa dipastikan apakah sudah terjangkit atau tidak karena harus menunggu masa inkubasi sekitar tiga bulan sejak digigit anjing yang terjangkit rabies.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply