Pemprov NTB Studi Komparasi Pengembangan Pariwisata ke Kota Solo

Pertemuan di Surakarya

Solo (Global FM Lombok)- Pemprov NTB bersama rombongan jurnalis NTB melakukan studi komparasi pengembangan pariwista di Kota Solo, Jawa Tengah. Pemkot Surakarta membuat aplikasi “Solo Destination” yang bisa diunduh melalui android. Hal ini untuk memudahkan wisatawan untuk mengetahui tempat wisata menarik di kota tersebut.

Hal itu disampaikan Asisten Pemerintahan Setda Pemkot Surakarta, Said Ramadhan saat dialog dengan rombongan Humas NTB dan jurnalis Selasa (27/11) sore kemarin. Ia mengatakan, aplikasi “Solo Destination” yang dibuat itu memuat terkait  lokasi kuliner, pusat perbelanjaan dan destinasi menarik lainnya.

Selain itu, pemkot Surakarta juga membuat kalender event untuk semua kegiatan kepariwisataan di Kota Solo. Karena dengan adanya kalender event tersebut, akan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung. Di Kota Solo tidak memiliki destinasi alam seperti yang ada di NTB, sehingga pengembangan wisata yang ada lebih banyak ke sektor kebudayaan dan juga kuliner khas daerah setempat.

Langkah yang dilakukan untuk melestarikan kebudayaan setempat yaitu adanya jadwal pertujukkan yang ditetapkan, misalnya untuk kesenian wayang orang. Kesenian tersebut sudah berumur hampir 100 tahun lebih dan masih bertahan hingga sekarang. Sementara untuk pengembangan destinasi kuliner, Pemkot Surakarta membuat lokasi khusus. Hal ini juga untuk menata keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada agar bisa terpusat di satu tempat sehingga memudahkan wisatawan.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply