Mitigasi Bencana Akan Masuk Dalam Kurikulum Pendidikan di Lombok Utara

Bupati KLU H Najmul Akhyar

Mataram (Global FM Lombok)-  Bupati Kabupaten Lombok Utara, H. Najmul Akhyar berencana akan memasukkan pelajaran mitigasi bencana khususnya gempa bumi ke dalam kurikulum pendidikan. Kebijakan ini sebagai salah satu upaya memahami dan mengantisipasi potensi bencana kepada masyarakat khususnya peserta didik.

Hal itu dikatakan Bupati Kabupaten Lombok Utara, H. Najmul Akhyar kepada Global FM Lombok Selasa (25/9) di Mataram. Ia mengatakan, kurikulum mitigasi bencana tersebut akan mulai diajarkan dari tingkat SD hingga SMA. Rencana ini akan mulai direalisasikan pada tahun ajaran baru tahun 2019 mendatang.

“Rencana saya masukkan kurikulum. Insya Allah ya kita akan masukkan kurikulum dari SD sampai SMA di Di Lombok Utara. Meski SMA bukan urusannya kabupaten, tetapi dalam konteks kepentingan memahmai kebencanaan ya kami akan memasukkan sebagai kurikulum di sekolah-sekolah. Ya nanti kita akan masukkan ke ajaran baru 2019, kalau sekarang kan sudah lewat,”kata Najmul Akhyar, Selasa (25/09)

Sebelum dijadikan kurikulum, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Utara sudah memberikan sekolah lapangan kepada peserta didik mulai dari SD hingga SMA terkait mitigasi bencana. Adapun pendidikan mitigasi bencana khusus kepada masyarakat umum harus dilakukan. Sehingga mereka memiliki pengetahuan terkait antisipasi-antisipasi yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

Lombok Utara menjadi kabupaten yang paling terdampak gempa bumi di NTB. Di Kabupaten ini sebanyak 467 jiwa meninggal dunia akibat gempa,  829 jiwa luka-luka , 101.735 jiwa mengungsi  serta 38.497 unit rumah rusak. (azm)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply