Penggunaan Dana Desa, DPMPD NTB Kumpulkan Pembimbing Desa

Dr Ashari, SH, MH

Mataram (Global FM Lombok)- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPMPD Dukcapil) Provinsi NTB, sudah mengumpulkan ratusan pendamping desa.  Ratusan pendamping desa itu diberikan penjelasan terkait Dana Desa (DD) yang bisa digunakan untuk membantu rehabilitasi rekonstruksi pascagempa ini.

Hal itu dikatakan Kepala DPMPD Dukcapil Provinsi NTB, Ashari di Mataram. Ia mengatakan, nantinya para pendamping desa itulah yang akan memberikan penjelasan kepada kepala desa dan semua staf agar segera melakukan perbaikan infrastruktur yang rusak dengan dukungan dana desa . Namun ditekankan, agar dana desa itu tidak digunakan untuk membangun rumah warga, karena rumah warga yang rusak bersifat pribadi.

Diterangkan Ashari, penggunaan dana desa untuk rehabilitasi rekonstruksi ini juga harus disesuaikan dengan APBDes. Sehingga pemerintah desa diminta untuk segera merubah APBDes sesuai dengan kebutuhan rehabilitasi rekonstruksi pascagempa bumi. Jika masih ada dana desa yang belum dibelanjakan, DPMPD Dukcapil NTB menyarankan untuk menggunakan anggaran tersebut.

Sebelumnya, Plt Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Sonny Harry B. Harmadi mengatakan, Dana desa yang secara rutin ditransfer oleh pemerintah pusat bisa digunakan untuk membangun infrastruktur yang rusak akibat gempa bumi. Khusus untuk Pulau Lombok, Sumbawa dan Sumbawa Barat  jumlah dana desa yang belum ditransfer tahun 2018 ini yaitu mencapai Rp 350 miliar.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Mantan Kades Kemuning Dituntut 7,5 Tahun Penjara | Global FM Lombok27 December 2019, 11:12 at 11:12 am

    […] Baca Juga : Penggunaan Dana Desa, DPMPD NTB Kumpulkan Pembimbing Desa […]

Leave a Reply