Persediaan Beras Untuk Korban Gempa Masih Tersedia 100 Ton

Dampak Gempa Lombok

Mataram (Global FM Lombok)- Persediaan beras yang masih tersedia hingga saat ini sebanyak 100 ton yang ada di gudang Bulog. Sementara di gudang Dinas Sosial NTB disebutkan sudah habis. Upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan logistik para pengungsi yaitu dengan mengajukan bantuan kepada pemerintah daerah di seluruh Indonesia melalui Kementerian Sosial.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, H. Ahsanul Khalik kepada Global FM Lombok Jum’at (31/8) di Mataram. Ia mengatakan, dengan pengajuan bantuan logistik tersebut nantinya akan disalurkan melalui Pemprov NTB untuk memenuhi kebutuhan para korban gempa. Saat ini daerah yang sudah menyalurkan bantuan logistik kepada pemerintah Provinsi NTB yaitu  Provinsi Kalimantan Selatan.

Bantuan  tersebut nantinya akan dikemas dalam bentuk paket sembako sehingga lebih mudah untuk menyalurkannya. Namun terkait dengan jumlahnya belum diketahui secara pasti.

Selain itu lanjut Khalik, saat ini sedang dalam proses pembuatan rancangan kebutuhan masyarakat  setiap harinya hingga dua bulan kedepan. Jumlah pengungsi yang tersebar di tujuh kabupaten kota di NTB yaitu mencapai 417 ribu orang lebih. Kebutuhan logistik para pengungsi khusus beras yaitu sebanyak 133 ribu kg. Sementara dalam jangka dua bulan, kebutuhan para pengungsi yaitu mencapai 8 juta kg.

Selain itu, Pemprov NTB juga akan menggunakan dana – dana sumbangan dari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi. Hal ini akan diajukan kepada Gubernur NTB melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply