Penanganan Bencana Gempa Bumi Sudah Secara Nasional

Wapres JK bersama Mendikbud dan Menteri PU PR

Gerung (Global FM Lombok)-  Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengunjungi para pengungsi korban gempa bumi yang ada di Desa Kekait, Kabupaten Lombok Barat. Lokasi tersebut dijadikan sebagai lokasi pengungsian utama di desa tersebut. Dimana, rata-rata rumah warga mengalami rusak parah.

Hal itu dikatakan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla saat memberikan sambutan kepada para pengungsi di Desa Kekait Kabupaten Lombok Barat Selasa (21/8) pagi. Wapres meminta kepada para pengungsi agar nantinya membangun rumah yang tahan gempa.

Dalam kesempatan itu ia menekankan, meskipun bencana gempa bumi di Lombok tidak berstatus bencana nasional namun penanganan bencana ini sudah dilakukan seperti bencana nasional. Dimana, bantuan yang diberikan sudah secara maksimal oleh pemerintah pusat.  Ditekankan Jusuf Kalla, bencana gempa bumi yang terjadi di NTB saat ini, dipastikan bisa ditangani oleh pemerintah daerah baik Pemprov NTB maupun pemerintah kabupaten kota setempat.

“Status bencana nasional itu apabila pemerintah tidak bisa berbuat apa apa, sehingga bantuan dari luar negeri kita butuhkan, kalau kita masih mampu tidak perlu jadi bencana nasional”, terang JK.

Dalam kunjungan ke lokasi pengungsian, Jusuf Kalla memberikan santunan kepada ahli waris yang sebesar Rp 15 juta per orang. Karena berdasarkan data korban jiwa akibat gempa bumi di desa tersebut sekitar 44 orang. Selain itu, setelah kunjungannya ke lokasi pengungsian, wakil presiden bersama sejumlah kementerian menggelar rapat terbatas di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB.(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply