Harga Gas Elpiji 3 Kg Naik Karena Pengaruh Cuaca

elpiji 3 Kg

Mataram (Global FM Lombok)- Harga gas elpiji 3 kg mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir. Kenaikannya berkisar antara Rp 1000 sampai 4000 ribu per tabung dari harga normal sebesar Rp 15 ribu. Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, Lalu Alwan Basri, Kamis (2/8) mengatakan, kenaikan harga gas elpiji ini hanya terjadi di beberapa tempat di Kota Mataram. Penyebabnya adalah tersendatnya pengiriman dari Bali akibat cuaca yang tidak menentu.

Dikatakan Alwan, kenaikan harga gas elpiji tidak akan berlangsung lama mengingat kondisi cuaca sudah normal. Sementara pasokan gas elpiji masih mencukupi. Dia menyebutkan, kuota gas elpiji kota Mataram sebanyak 1.377 tabung per bulan. Sementara realisasinya sebanyak 1.452 tabung dari kuota terakhir mencapai 16.524 tabung sepanjang tahun yang diberikan oleh PT Pertamina. Akan tetapi, realisasinya sampai bulan Juni sebanyak 8.516.

“Kemudian sekarang gas elpiji 3 kg di beberapa tempat ada kenaikan, karena pengiriman yang dari Denpasar agak tersendat karena cuaca. Ini karena gelombang aja, harga kemarin itu ada yang Rp 22 ribu, Rp 20 ribu, ada yang Rp 15 ribu. Kalau normal kan Rp 15 ribu per tabung”,katanya.

Menurutnya, naiknya harga gas elpiji 3 kg ini tidak ada indikasi penimbunan atau dibawa ke luar daerah yang belum konversi minyak tanah. Dia meminta kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir terhadap kenaikan harga gas elpiji 3 kg karena diyakini itu hanya bersifat sementara. PT Pertamina juga sudah menjamin bahwa stok gas elpiji untuk daerah NTB, khususnya Kota Mataram aman di sepanjang tahun ini. (dha)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply