Festival Sangiang Api, Upaya Genjot Kunjungan Wisman

LOMBA SAMPAN – Ribuan warga menyaksikan lomba sampan layar tradisional, salah satu lomba dalam Festival Sangiang Api, di pesisir desa Sangiang Kecamatan Wera, Sabtu (28/7).

Bima (Suara NTB) –Pemuda dan Pemerintah Desa (Pemdes) Sangiang Kecamatan Wera menggelar Festival Sangiang Api. Sebagai upaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara (Wisman) di desa setempat.

Ketua Panitia Pelaksana, Syaifullah H. Anwar S.Pd mengatakan, festival Sangiang dimulai pada Sabtu 28 Juli hingga 17 Agustus 2018 mendatang. Tujuan dilaksanakannya mempromosikan potensi sektor pariwisata lokal yang ada di desa Sangiang.

“Promosi ini kedepannya diharapakan dapat meningkatkan kunjungan turis lokal dan wisman yang ingin menikmati wisata yang ada di desa Sangiang,” katanya saat acara pembukaan Festival Sangiang Api, Sabtu (28/7).

Dikatakannya, sebagai bentuk dukungan dalam Festival yang dipusatkan di pesisir pantai Desa Sangiang tersebut, ada beberapa lomba yang dilaksanakan. Seperti lomba sampan layar tradisional yang menempuh jarak 12 kilmeter yang melewati laut Flores.

“Kemudian ekspo kerajinan rakyat yang diikuti pengrajin industri rumah tangga. Gebyar kuliner khas desa Sangiang, jelajah gunung Sangiang, teater, pertunjukkan atau pentas tradisional,” katanya.

Sementara, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri mengapresiasi kegiatan tersebut. Bagi dia, Festival Sangiang dapat dijadikan sebagai salahsatu ajang promosi terhadap potensi wisata yang dimlilik desa setempat. Apalagi berada sekitar Gunung Api Sangiang yang cukup terkenal.

“Saya berharap kegiatan seperti ini bisa ditingkatkan lagi. Bila perlu setiap tahun tetap dilaksanakan. Kami dari pemerintah mendukung,” katanya.

Bupati menilai, dari Festival itu sedikitnya akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat. Memperluas kesempatan usaha dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru masyarakat dalam mengatasi penggangguran.

“Sektor pariwisata merupakan salahsatu penyumbang pendapatan bagi negara dan daerah. Majunya industri pariwasata suatu wilayah sangat bergantung jumlah wisatawan yang datang,” katanya.

Bupati mengajak semua kalangan untuk terus meningkatkan dan memanfaatkan potensi yang menjadi tujuan wisata sehingga Industri pariwisata akan terus berkembang dengan baik kedepannya.

“Festival ini akan mampu menumbuhkan tekat dan semangat semua kalangan untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan sektor pariwasata kedepan,” katanya.

Selain Bupati, Wakil Bupati Bima, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Anggota DPR RI, H. M. Syafruddin, ST, MM dan ribuan warga dari berbagai wilayah. Acara itu dihadiri pula Gubernur NTB terpilih, Dr. Zulkieflimansyah.

Bahkan, Dr. Zul – sapaan akrab Zulkieflimansyah – berjanji akan menjadikan Festival Sangiang Api sebagai agenda tahun Pemerintah Provinsi NTB. Serta  menjadikan Desa Sangiang sebagai Desa Pariwisata. (uki)

 

 

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply