Cuaca Ekstrem Akan Sambut Jamaah Haji Kota Mataram di Tanah Suci

Pelapasan Haji

Mataram (Global FM Lombok)- Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana melepas sebanyak 180 orang jamaah calon haji Kota Mataram di halaman Kantor Walikota Mataram, Kamis (26/7) pagi. Ke 180 orang jamaah tersebut merupakan kloter kedua setelah keberangkatan pertama 450 orang jamaah calon haji Kota Mataram pada Sabtu (21/7) lalu.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana meminta kepada jamaah calon haji untuk saling membantu sama lain, serta mengedepankan budaya daerah di tengah jutaan umat Islam dari berbagai negera di Tanah Suci. Dia juga mengharapkan agar semua jamaah menjaga kesehatan, dan tidak lupa memakai sandal ketika akan ke masjidil haram atau ke luar dari penginapan. Pasalnya, cuaca di Arab Saudi saat ini mencapai 50 derajat celcius dan sudah ada beberapa jamaah yang kakinya melepuh akibat tidak memakai sandal.

“ Saya harapkan untuk selalu mengenakan sandal ketika akan ke masjid. Kita tau sekarang ini cuaca di sana sangat panas mencapai 50 derajat celcius. Dan hampir 70 persen jamaah kita lansia. Yang muda bantulah jamaah yang membutuhkan bantuan, agar sama-sama bisa menyempurnakan ibadah”,pintanya.

Sementara itu, Plt Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, Jalalussayuti dalam kesempatan yang sama mengatakan, jumlah jamaah calon haji Kota Mataram tahun 2018 ini sebanyak 757 orang. Dengan rincian 363 jamaah laki-laki dan 394 jamaah perempuan. Sedangkan dari hasil pemeriksaan kesehatan ditemukan setidaknya ada 10 jenis penyakit yang diderita jamaah,  diantaranya adalah sebanyak 242 orang menderita hipertensi esensial. Kemudian 115 orang menderita kolesterol tinggi dan 88 orang menderita diabetes.

“63 orang obesitas, 27 orang mengalami pembesaran jantung, dan beberapa penyakit lain yang membutuhkan perhatian dari petugas kesehatan. “Mudah-mudahan semua jamaah diberikan kekuatan dan kesehatan selama menjalankan ibadah haji nanti”, harapnya.(dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply