177 Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di NTB Jalani Psikotes

Psikotes Balon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota

Mataram (Global FM Lombok)- Sebanyak 177 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten/Kota di NTB masih menjalani serangkaian tahapan tes sebelum nama-nama mereka diserahkan ke Bawaslu RI. Dari tanggal 21 – 26 Juli, seluruh calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota mengikuti CAT atau tes tulis dan psikotes di Mataram.

Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di NTB Dr. M Saleh Ending kepada Global FM Lombok , Kamis (26/7) mengatakan, setiap peserta sudah mengetahui hasil tes CAT-nya yang digelar akhir pekan lalu. Adapun psikotes ini dilaksanakan oleh Bawaslu bekerjasama dengan Polri. Nilai psikotes ditentukan oleh tim psikolog yang selanjutnya diserahkan ke Polri. Pihak Polri selanjutnya menyerahkan hasilnya ke Bawaslu RI untuk kemudian turun ke Timsel di NTB.

“Kami menunggu dari Bawaslu Pusat kasi nilaianya kesini. Kemarin hasil tes CAT juga sudah dibawa ke Jakarta,” kata saleh

Saleh mengatakan, Timsel nantinya akan memadukan nilai CAT serta nilai psikotes masing-masing calon Bawaslu untuk menjadi dasar perangkingan. Berdasarkan hasil CAT dan psikotes itu, Timsel akan mengerucutkan calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota menjadi tiga kali kebutuhan di masing-masing daerah. Misalnya Bawaslu Lombok Barat memiliki 5 anggota Bawaslu, maka Timsel akan mengambil 15 calon untuk selanjutnya dibawa ke tahap selanjutnya yaitu tes kesehatan dan wawancara.

Tes wawancara ini dilaksanakan langsung oleh Timsel. Setiap peserta juga diminta membuat makalah yang berkaitan dengan kepemiluan dan lain sebagainya. Setelah tes wawancara itulah, Timsel hanya akan mengambil calon anggota Bawaslu sebanyak dua kali kebutuhan di setiap daerah. Selanjutnya nama-nama kandidat itu diserahkan ke Bawaslu RI tanggal 6 Agustus mendatang. Penentuan nama-nama anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di NTB menjadi hak Bawaslu RI.

Sesuai dengan jadwal, seluruh calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia akan dilantik tanggal 16 Agustus di Jakarta.

Untuk diketahui, jumlah anggota Bawaslu kabupaten/kota tergantung dari jumlah penduduk suatu daerah. Untuk Bawaslu  Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Bima memiliki masing-masing 5 anggota Bawaslu. Sementara Kota Mataram, Kota Bima, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Dompu  hanya memiliki masing-masing 3 anggota Bawaslu.(ris)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply