Harga Cabai Rawit di Mataram Kembali Melambung

Pedagang di Pasar Dasan Agung Mataram

Mataram  ( Global FM Lombok) – Harga cabai rawit merah di Mataram kembali merangkak naik setelah sempat stabil beberapa pekan lalu. Saat ini,  harga bumbu dapur pedas  tersebut  sebesar Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu per kg.  Penyebab kenaikan harga cabai ini karena sudah memasuki rangkain perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2018. Di samping itu,  stok di pasar tradisional  juga semakin menipis.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram,  H. Mutawalli, Kamis (19/7).  Dia menyebutkan,  stok cabai di pasaran sudah menurun dari stok semula sebanyak dua ton menjadi satu ton.  Pihaknya belum mengetahui penyebab berkurangnya stok tersebut, apakah karena sudah berhenti masa panen atau karena cabai tersebut  dikirim ke luar daerah. Namun demikian, kondisi ini sudah berlangsung selama sekitar dua pekan ini.

“Ini kenaikan harga sejak begawe haji. Memang belum turun-turun dia,  dari kamarin harganya  Rp 40 sampai Rp 45 ribu per kg. Sekarang  musim kemarau,  mestinya produksinya bagus.  Tapi nanti saya cek,  mungkin karena permintaan tinggi. Pasokan satu ton masuk kurang,  biasanya 2 ton.  Ini memengaruhi”,katanya.

Dia mengatakan,  selama ini stok cabai di Mataram didatangkan dari Lombok Timur.  Diperkirakan harga cabai ini akan kembali normal usai perayaan Hari Raya Idul Adha. Sementara untuk harga bumbu dapur lainnya sampai saat ini masih stabil, seperti bawang merah seharga Rp 16 ribu per kg dan bawang putih seharga Rp 20 ribu per kg. Sementara harga tomat sebesar Rp 5 ribu per kg. (dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply