Daftar Sekarang, Warga Kota Mataram Berangkat Haji 24 Tahun Lagi

Jamaah haji Kota Mataram saat dilepas tahun lalu (global fm lombok/dok)

Mataram (Global FM Lombok)- Daftar tunggu ibadah haji Kota Mataram semakin panjang dari tahun ke tahun. Saat ini, daftar tunggu keberangkatan haji sudah mencapai 24 tahun. Artinya, bagi masyarakat yang mendaftar tahun ini, maka akan berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2042 mendatang.

Terkait hal itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, H. Burhanul Islam meminta kepada masyarakat agar jangan berkecil hati  untuk mendaftar ibadah haji, meski dengan antrian yang begitu panjang. Diharapkan, ke depan akan ada perubahan kebijakan sehingga antrian tidak terlalu lama. Menurutnya, panjangnya antrian ibadah haji ini mengindikasikan bahwa taraf hidup masyarakat kota serta kesadaran untuk menunaikan ibadah haji semakin meningkat.

“Dengan posisi yang sampai sekarang ini mungkin kalau mendaftar sekarang ya otomatis mungkin sampai 23 sampai 24 tahun yang akan datang. Ya tapi masyarakat kita janganlah merasa berkecil hati atau merasa berat hati untuk mendaftar meski daftar tunggu kita begitu panjang. Kita berharap ada perubahan kebijakan atau mungkin dari kerajaan Arab Saudi ada memberikan tamabahn kuota sehingga antrian itu tidak begitu lama”,katanya.

Burhanul Islam mengatakan, hampir setiap hari selalu ada warga Kota yang mendaftar ibadah haji. Disamping itu, ada juga yang mendaftarkan putra putrinya. Sedangkan kuota jamaah haji Kota Mataram dalam tiga tahun terakhir ini selalu mengalami peningkatan. Adapun tahun ini, total jamaah haji Kota Mataram yang akan berangkat ke Tanah Suci sebanyak  757 orang. Ke 757 orang calon jamaah haji ini dibagi menjadi 4 kloter,  yakni kloter empat sebanyak 450 jamaah yang akan berangkat ke Tanah Suci pada tanggal 21 Juli besok.

Kemudian kloter 7 sebanyak 180 orang jamaah serta kloter 9 sebanyak 124 orang jamaah.  Sisanya sekitar 9 orang jamaah akan masuk kloter 11. (dha) –

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply