PPDB 2018, Ratusan Wali Murid Sampaikan Keluhan ke Dinas Dibud NTB

PPDB kota Mataram ( SUara NTB/dok)

Mataram (Global FM Lombok)- Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan tiap tahun kerap dikeluhkan oleh orang tua siswa terutama pada saat jadwal melalui sistem zonasi. Sejak beberapa hari terakhir, Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB dipenuhi oleh orang tua wali yang mengadukan keluhannya.

Salah seorang wali murid Suardi Idris kepada Global FM Lombok Jum’at (13/7) di Mataram menuturkan, hingga saat ini anaknya belum diterima di sejumlah sekolah yang sudah termasuk zonasinya. Dimana, dia sudah memasukkan berkas pendaftaran ke tiga sekolah negeri namun ditolak. Pendaftaran yang sudah dilakukan mulai jalur prestasi hingga zonasi. Padahal jika dilihat dari sertifikat atau penghargaan yang diperoleh sudah cukup banyak terutama dari bidang olahraga.

“Sekolah lewat tiga jalur. Pertama lewat jalur prestasi. Jalur prestasi dia pegang ada media juara 1, 2, 3 dan sertifikat piagam tapi tidak dapat masuk. Yang kedua jalur pra sejahtera, ikut juga jalur pra sejahtera. Dimana tiga sekolah pilihan itu juga dia tidak dapat. Masuk lagi jalur zona tiga pilihan skolah tidak dapat jalur zona. Saya dari Pagesangan Barat. Alasannya itu ya penuh. Kecewa sih. Kecewa dalam arti, tambah jauhkan. Zonanya disni lari ke zona lain lah ya,”tuturnya

Dikeluhkan Suardi, alasan pihak sekolah tidak menerima siswa tersebut karena persaingan yang cukup ketat dan jumlah siswa sudah memenuhi kuota. Sehingga saat ini anaknya diarahkan untuk mendaftar di sekolah yang berada di luar zonasi seperti di kawasan Sayang-Sayang dan sekolah lain yang bukan zonasinya. Jarak rumah dengan sekolah yang sarankan tersebut cukup jauh sehingga harus menambah biaya pendidikan.

Tidak saja Suardi, wali murid yang lain juga mengeluhkan hal yang sama. Dimana sekolah yang merupakan zonasinya tidak menerima anaknya karena alasan nilai yang masih kurang. Sementara, Sekretaris Dinas Dikbud NTB, Sukran yang diminta komentarnya terkait dengan banyaknya keluhan orang tua siswa terkait PPDB ini enggan memberikan tanggapan(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply