Hasil Pilkada NTB Nihil Gugatan Paslon ke MK

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori

Mataram ( Global FM Lombok)- Ketua KPU Provinsi NTB, Lalu Aksar Ansori memastikan bahwa sampai dengan hari Rabu (11/7) kemarin, tidak ada satu pun gugatan permohonan perkara perselisihan hasil Pilkada Gubernur NTB dan Pilkada Bupati/Walikota di daerah ini yang masuk ke Mahkamah Konsitusi(MK). Tanggal 11 Juli merupakan batas akhir pendaftaran permohonan gugatan perselisihan hasil pillkada di MK.

Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori kepada wartawan Kamis (12/7) mengatakan, meski tidak ada gugatan perselisihan hasil pilkada dari NTB, KPU  masih tetap menunggu registrasi resmi dari MK terkait dari PPH ini. Registrasi resmi dari MK akan dikirim oleh lembaga tersebut ke KPU RI sekitar tanggal 23 Juli 2018.

“Bila dalam registrasi tersebut tidak ada pemohon PPH untuk Pilgub NTB, maka selanjutnya dengan dasar itu, kami akan menetapkan Calon Kepala Daerah Terpilih berdasarkan hasil perolehan suara yang telah disahkan pada pleno tanggal 08 Juli 2018 lalu. Insya Alloh, setelah mendapatkan hasil dari registrasi MK, penetapan calon kepala daerah terpilih akan dilakukan sekitar akhir bulan Juli 2018,” tegasnya.

Berdasarkan update permohonan perkara di MK yang disampaikan Ketua KPU NTB, sebanyak 60 permohonan perkara perselisihan hasil pilkada sudah terdaftar di MK. Permohonan berasal dari sejumlah daerah di Indonesia yang menggelar pilkada serentak. Berdasarkan aturannya, MK akan menindaklanjuti laporan perselisihan hasil perkara pilkada jika paslon memiliki selisih suara antara 0,5 sampai 2 persen.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply