Pendaftar Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Kota Sebanyak 237 Orang

 

Pendaftaran anggota Bawaslu NTB

Mataram (Global FM Lombok)- Sampai ditutupnya pendaftaran tanggal 4 Juli kemarin, jumlah pendaftar calon anggota Bawaslu Kabupaten Kota di NTB sebanyak 237 orang. Tim Seleksi selanjutnya akan melakukan verifikasi apakah sudah terpenuhi kebutuhan calon anggota Bawaslu di setiap Kabupaten Kota atau belum. Jika belum terpenuhi, maka Tim Seleksi akan memperpanjang masa pendaftaran sampai tanggal 8 Juli mendatang.

Sekretaris Tim Seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten Kota NTB Dr Saleh Ending kepada Global FM Lombok, Kamis (5/7) mengatakan, berdasarkan aturannya, kebutuhan pendaftar calon anggota Bawaslu kabupaten kota sebanyak 6 kali dari jumlah anggota Bawaslu di setiap daerah. Jika jumlah pendaftar belum sesuai dengan kebutuhan, maka pendaftaran akan diperpanjang.

Ia mengatakan, ada sejumlah tahapan yang akan dilewati oleh setiap pendaftar,  diantaranya  seleksi administrasi, tes tertulis, psikotes, tes kesehatan, dan tes wawancara. Uniknya untuk tes tertulis, seluruh calon anggota Bawaslu akan menerima materi soal yang berbeda-beda sehingga memungkinkan Timsel mengetahui kemampuan akademik setiap calon.

Sedangkan psikotes dan tes kesehatan akan dilaksanakan oleh Polri. Pihak kepolisian yang akan menentukan teknis tes yang akan dijalankan. Sementara pada tes wawancara, setiap calon anggota Bawaslu diminta membuat makalah yang terkait dengan pengawasan pemilu.

Untuk diketahui, jumlah anggota Bawaslu kabupaten/kota tergantung dari jumlah penduduk suatu daerah. Untuk Bawaslu  Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Bima memiliki masing-masing 5 anggota Bawaslu. Sementara Kota Mataram, Kota Bima, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Dompu  hanya memiliki masing-masing 3 anggota Bawaslu.(ris)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply