Angkutan Udara dan Kue Kering Sumbang Inflasi Bulan Juni

Inflasi ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Pada bulan Juni 2018, Provinsi NTB mengalami inflasi sebesar 0,76 persen. Angka inflasi ini berada di atas angka inflasi nasional yang tercatat sebesar 0,59 persen.  Untuk wilayah NTB, Kota Mataram mengalami inflasi sebesar 0,75 persen dan Kota Bima mengalami inflasi sebesar 0,77 persen.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTB Endang Tri Wahyuningsih saat menyampaikan rilis rutin di kantornya, Senin (2/7) siang. Ia mengatakan, inflasi NTB bulan Juni 2018 sebesar 0,76 persen terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan dengan kenaikan indeks pada sejumlah kelompok kebutuhan masyarakat, salah satunya kelompok bahan makanan sebesar 1,69 persen.

Untuk bahan makanan, yang menyumbang inflasi antara lain kue kering sebesar 0,045 persen, daging ayam ras sebesar 0,044 persen dan jeruk sebesar 0,043 persen. Selain bahan makanan, angkutan udara juga menyumbang inflasi dengan jumlah sebesar 0,17 persen.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, dari 6 kota yang menghitung Indeks Harga Konsumen (IHK), tercatat semua kota mengalami inflasi. Kota–kota yang mengalami inflasi adalah Kota Kupang, Kota Bima, Kota Mataram, Kota Denpasar, Kota Maumere, dan Kota Singaraja.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply