Lebaran Usai, Harga Daging Sapi dan Daging Ayam Belum Juga Turun

pedagang sedang menawarkan daging ayam kepada pengunjung pasar

Mataram (Global FM Lombok)- Harga daging sapi dan daging ayam di Mataram belum juga turun meski lebaran Idul Fitri tahun 2018 sudah usai. Sekarang ini, harga daging sapi di pasar tradisional sebesar Rp 125 hingga Rp 130 ribu ribu per kg. Sementara harga daging ayam sebesar Rp 40 ribu per kg.

Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, H.Mutawalli, Jum’at (22/6) di Taman Loang Baloq menerangkan, harga daging sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada di Mataram sekitar Rp 110 ribu sampai Rp 115 ribu per kg. Namun, di pasaran harganya melebihi dari itu. Di satu sisi, ketersediaan stok sapi mencukupi sampai seratusan ekor. Adapun untuk daging ayam, harganya masih belum stabil lantaran kurangnya stok bibit ayam di tingkat peternak. Kondisi ini bahkan terjadi secara nasional.  Diharapkan, harga kedua komoditas ini akan menurun beberapa hari setelah lebaran topat.

“Belum turun juga. Setelah lebaran ini sudah akan normal harganya. Kalau stok kita aman, kan kita sediakan 500 ekor sampai lebaran topat ini.  Kalau ayam ini belum turun karena masih ada kekurangan pasokan dan ada sedikit masalah di bibit ayamnya, masih ada kekurangan. Secara nasional ini berlaku. Mudah-mudahan selesai lebaran ini harganya normal semua ya, kita berharap”,ujarnya.

Selain daging sapi dan daging ayam, komoditas pertanian lain yang mengalami peningkatan harga sekarang ini adalah cabai rawit merah sebesar Rp 40 ribu per kg. Sementara harga  bawang merah masih stabil sebesar Rp 23 ribu per kg dan bawang putih sebesar Rp 22 ribu per kg. Adapun harga tomat sebesar Rp 4 ribu per kg  dan telur ayam ras sebesar Rp 1.500 per butir. (dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply