Sampai April, Remitansi TKI NTB Mencapai Rp 442 Miliar

Dana (ilustrasi)

Mataram ( Global FM Lombok)- Sampai bulan April 2018, jumlah remitansi TKI NTB yang tercatat di Bank Indonesia (BI) dan PT.Pos mencapai angka Rp 442 miliar. Setiap bulan, jumlah remitansi TKI NTB memang selalu fluktuatif. Tahun 2017 lalu, angka remitansi yang berhasil dicatat sebesar Rp 1,56 triliun.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB Endang Tri Wahyuningsih kepada wartawan di Mataram mengatakan, jika dilihat dari triwulan I dan triwulan II tahun 2018, terlihat adanya jumlah remitansi yang turun. Di triwulan I misalnya, jumlah remitansi yang dikirim ke NTB sebesar Rp 349 miliar, sementara di triwulan II sebesar Rp 93 miliar.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi V Bidang Tenaga Kerja DPRD NTB H . MNS Kasdiono mengatakan, menurunnya jumlah remitansi TKI itu bukan berarti jumlah TKI asal NTB yang bekerja di luar negeri berkurang. Karena tetap ada ratusan ribu buruh migran yang masih bekerja baik di Timur Tengah, di negara-negara Asia Tenggara dan di kawasan lainnya.

Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan angka remitansi yang tercatat oleh BPS berkurang. Misalnya remitansi TKI dikirim melalui jasa selain bank dan western union. Bisa juga TKI menyimpan uangnnya di negara tujuan bekerja untuk selanjutnya dibawa pulang pada saat yang tepat.

Secara umum, remitansi  memberikan dampak positif bagi peningkatan keuangan inklusif. Remitansi menjadi sumber yang penting dalam dukungan keuangan yang secara langsung meningkatkan pendapatan rumah tangga migran. (ris)

 


 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply