Lebaran Topat Tahun Ini Dipusatkan di Loang Baloq

lebaran topat di Makam Loang Baloq

Mataram (Global FM Lombok) – Lebaran ketupat atau lebaran topat di Kota Mataram tahun ini akan dipusatkan di Makam Loang Balok Kecematan Sekarbela Kota Mataram.  Hal itu dikatakan Asisten I Setda Kota Mataram,  Lalu Martawang,  Jum’at (8/6) pagi di Kantor Walikota Mataram.  Diterangkan,  berbagai kegiatan di hari lebaran ketupat akan dimulai pada pagi hari,  yakni dzikir dan doa di Musolla Siti Aisyah Sekarbela.  Kemudian, di Makam Loang Baloq akan digelar acara akikah.

Martawang mengatakan, ada banyak event yang akan dilaksanakan serangkaian dengan lebaran ketupat ini yang terangkum dalam Kemilau Topat Mentaram. Dimana, akan diadakan beberapa lomba seperti lomba layang-layang dan juga lomba perahu layar. Semua kegiatan tersebut digelar oleh aparat pemerintah di Kecamatan Sekarbela dan Dinas Pariwisata.

“Untuk  lebaran ketupat kita memusatkannya di kecamatan Sekarbela, tepatnya di Loang Balok.  Prosesi lebaran ketupat ini pagi hari, akan dilaksanakan dulu dzikir dan doa di Musolla Siti Aisyah. Habis itu,  baru akan pindah ke makam Loang Balok ada prosesi ngurisang di sana”,katanya.

Mengingat lebaran ketupat ini jatuh di hari Jum’at,  diharapkan rangkaian kegiatannya dilaksanakan usai solat Jum’at agar tidak bersinggungan dengan waktu solat. Pemkot Mataram juga sudah meminta kepada aparat kepolisian, TNI AL serta BPBD untuk tetap siaga untuk keamanan peserta lomba di wilayah sepanjang pantai Ampenan. (dha) –

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply