Pasar Rakyat Tak Berpengaruh Signifikan Tekan Lonjakan Harga

Para ibu rumah tangga menyerbu daging di salah satu stand di pasar rakyat yang digelar Dinas Perdagangan Kota Mataram di Kelurahan Pagutan Barat. Meskipun demikian,pasar rakyat belum signifikan menekan harga kebutuhan pokok di pasar.

Mataram (Suara NTB) -Kegiatan pasar rakyat yang digelar oleh Dinas Perdagangan, dengan melibatkan distributor di enam kecamatan di Kota Mataram, hingga Sabtu, belum signifikan menekan lonjakan harga kebutuhan pokok selama Ramadhan. Padahal pasar rakyat yang digelar tersebut dihajatkan untuk menstabilkan harga.

Seperti harga daging tembus Rp130 ribu – Rp150 ribu/kg. Padahal normalnya Rp100 ribu/kg. Ayam boiler sebelumya Rp28.000 – Rp30.000/kg. Saat ini, mencapai Rp38.000- Rp40.000/kg. Hal sama juga terjadi pada komoditi sayur. Bawang merah juga merangkak naik Rp40.000 – Rp50.000/kg dari sebelumnya Rp30.000/kg. Beras relatif stabil di harga Rp9.000 – Rp9.500/kg.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram,Lalu Alwan Basri mengatakan, dari kegiatan pasar rakyat ini diharapkan bisa menstabilkan harga. Pihaknya akan mengevaluasi pelaksanaannya. Jika dianggap efektif akan dilanjutkan ke tempat lain. “Ini kan kita keroyokan dengan Provinsi dan Dinas Ketahanan Pangan,” kata Alwan.

Dijelaskan, pasar rakyat dimaksudkan agar masyarakat mendapat harga standar dengan kualitas terjamin. Artinya, masyarakat tidak perlu mengeluarkan ongkos besar. Pemerintah turun langsung ke lokasi tertentu.

Pasar murah digelar di enam kecamatan. Bahkan, Pemprov NTB juga menggelar hal sama di dua lokasi. “Kita harapkan bisa menekan harga secara langsung. Beras tidak pasar murah saja. Bulog menggelar operasi pasar di pasar tradisional,” pungkasnya.

Ditambahkan Alwan, kebijakan untuk menekan harga dimaksimalkan selama bulan Ramadhan. Distributor diminta menjual barang dengan harga eceran tertinggi. Yang paling penting kata dia, masyarakat tidak panik membeli kebutuhan. Stok dan harga kebutuhan stabil. Satgas pangan tetap mengecek stok di distributor. (cem)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply