Bibit Ayam Langka Jadi Penyebab Melambungnya Harga Daging Ayam

H Mutawalli

Mataram (Global FM Lombok)-, Harga daging ayam ras di Kota Mataram sekarang ini mencapai Rp 40 ribu per kg. Sebelumnya, harga daging ayam di bawah Rp 30 ribu per kg. Dinas Pertanian Kota Mataram menyatakan kondisi itu terjadi secara nasional sehingga penanganannya juga dilakukan secara nasional. Dimana, pemerintah pusat sudah memasok day old chick (DOC) atau bibit ayam ke beberapa daerah untuk dibesarkan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, H. Mutawalli, Jum’at (4/5) di Kantor Walikota Mataram. Menurutnya, belakangan ini terjadi kelangkaan bibit ayam pedaging sehingga berpengaruh terhadap harga daging di pasaran. Ia menuturkan,  satu pengusaha biasanya mendistribusikan bibit ayam sebanyak 50 ribu ekor per hari. Namun karena ada kelangkaan, maka bibit ayam yang dikirim hanya 20 ribu ekor. Itulah yang membuat beberapa agen kekurangan bibit karena tidak ada stok.

“ Sampai 40 ribu. Sebelumnya dibawah 30 ribu, sampai 28 ribu biasanya per kilo. Karena ini berlaku secara nasional, maka penanganannya juga nasional.DOCnya sedang diperbanyak. Ada salah satu pengusaha kita biasanya memasok 50 ribu ekor DOC sehari, namun kemarin karena kelangkaan DOC  hanya 20 ribu, sehingga agen-agen kekurangan. Itulah yang membuat harga daging ayam naik,”  Mutawalli, Jumat (4/5)

Ia mengatakan, sambil menunggu stabilnya harga daging ayam, Dinas Pertanian Kota Mataram juga tetap berupaya menstabilkan stok sapi untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan. Sekarang ini, pemotongan sapi di dua Rumah Potong Hewan (RPH) di Kota Mataram masih mormal sekitar 40  ekor per hari. Namun, jumlah itu biasanya akan meningkat menjadi 50 sampai 100 ekor per hari saat bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. (dha)-

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply