Menikmati Kesejukan Hutan Wisata Sesaot

Seorang wisatawan tengah menikmati kesegaran di Hutan Wisata Sesaot yang ada di Lombok Barat.

Giri Menang (Suara NTB) –Hutan wisata sesaot merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Sejuknya destinasi ini dengan banyak pepohonan membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Narmada.

Kawasan hutan lindung Sesaot mempunyai luas sekitar 5.999,2 hektare. Seluas 5.935 hektar merupakan hutan lindung dan sisanya termasuk hutan kawasan wisata. Dari luas seluruhnya itu, 43 persen merupakan hutan buatan sedangkan sisanya adalah hutan alami.

Di tengah-tengah Sesaot terdapat sungai Aiq Nyet dengan batu kali yang besar-besar. Airnya yang bersih membuat wisatawan ingin menceburkan diri dan merasakan kesegaran airnya.

“Sungainya bersih, suasananya juga menyegarkan. Bagus sekali tempatnya. Sekarang sudah jarang ada tempat seperti ini,” kata wisatawan asal Kota Mataram, Ririn.

Wisata Sesaot kerapkali dijadikan sebagai tempat untuk berkemah dan berkegiatan bagi siswa dan mahasiswa pecinta alam. Tempatnya yang menyegarkan dan suasananya yang menyenangkan tentu saja sangat cocok menjadi tempat untuk melakukan mancakrida.

“Tidak kalah dari destinasi wisata lainnya. Pohon-pohonnya masih sangat asri dan dijaga oleh warga sekitar. Harus diperabanyak tempat seperti ini,” ujarnya.

Kabarnya di wisata Sesaot ini terdapat 56 sumber mata air yang masih terjaga. Secara umum, hutan ini dibagi menjadi 3 area yakni hutan primer, sekunder, perkebunan Mahoni dan agroforestri. Agroforestri dikembangkan oleh masyarakat dari lahan alang-alang dan hutan sekunder bekas tebangan yang ditinggalkan oleh perusahaan pengelola pada tahun 1976. Jajaran pohon Mahoni di hutan lindung Sesaot ini tumbuh dengan tegak bersama pohon-pohon durian tua yang sudah berumur ratusan tahun. Pohon-pohon inilah yang dapat menetralisir polusi udara di daerah sekitarnya.

“Bagus juga bagi yang suka foto-foto di alam. Ini tempat yang sangat pas,” ujarnya.

Hutan Sesaot ini bisa menjadi alternatif wisata bagi yang ingin menikmati suasana yang menyegarkan. Bagi yang ingin melakukan kegiatan mancakrida, tempat ini sangat pas. Apalagi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan alam, Hutan Sesaot ini menjadi pilihan yang sangat tepat. (lin)

 

 

 

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply