Bandara Sekongkang Masih “Nganggur”, KSB Tawarkan ke PT AMNT

Bandara-Sekongkang ( foto; Air magz)

Mataram (Global FM Lombok)- Bandara Sekongkang di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hingga kini masih belum beroperasi atau masih “nganggur”. Namun Pamda KSB sudah menawarkan kepada perusahaan tambang PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) agar mereka memanfaatkan bandara tersebut untuk mendukung kelancaran perusahaan. Sejauh ini belum ada tanggapan dari PT AMNT terhadap tawaran itu.

Kabid Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan Provinsi NTB, M Syakarudin kepada Global FM Lombok di Mataram, Kamis (5/4) mengatakan, Bandara Sekongkang juga dilirik oleh perusahaan penerbangan Susi Air. Dua bulan terakhir, Susi Air sudah melakukan serangkaian uji coba, namun hingga kini belum diketahui hasilnya.

“ Bandara Sekongkang ini, perusahaan penerbangan bu Susi dua bulan terakhir sudah uji coba, hasilnya belum diperoleh. Bupati KSB sudah bersurat minta penyerahan agar bandara ini dikelola oleh Kementerian, namun ditarik lagi surat itu agar nantinya dioperasikan oleh AMNT.” Katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan KSB,  Muslimin mengatakan, saat ini pihaknya telah menyusun draf MoU atau nota kesepahaman untuk menawarkan pengelolaan bandara Sekongkang kepada PT AMNT. Menurutnya, jika dilakukan telaah secara komperhensif, PT AMNT berpeluang meanfaatkan bandara Sekongkang dalam rangka kelancaran akses transportasi udaranya. Pasalnya teluk Benete yang saat ini  digunakan oleh PT AMNT sebagai areal pendaratan seaplane (pesawat terbang terapung), kedepannya tidak dapat lagi dimanfaatkan. Hal ini dikarenakan teluk Benete akan berubah fungsi seiring dengan pembangunan fasilitas Smelter (ris)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply