Remitansi TKI NTB Bulan Februari Capai Rp 230 Miliar

Kepala BPS NTB Endang Tri Wahyuningsih

Mataram (Global FM Lombok)- Remitansi atau kiriman uang dari TKI asal NTB ke kampung halaman pada bulan Februari lalu cukup besar. Berdasarkan data yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik ( BPS) NTB, jumlah remitansi yang dikirim pada bulan Februari 2018 saja sebanyak Rp 230 miliar. Remitansi dikirim melalui western union PT Pos serta melalui perbankan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB Endang Tri Wahyuningsih mengatakan, setiap bulan, jumlah total kiriman uang TKI ke keluarganya bervariasi. Tahun 2017, jumlah remitansi sebesar Rp Rp 1,56 triliun. Angka ini turun dari tahun 2016 yang berjumlah sebanyak Rp 1,7 triliun.

Dari angka remitansi bulan Februari sebanyak Rp 230 miliar tersebut, dana yang dikirim melalui perbankan sebanyak Rp 57 miliar, sementara yang didirim melalui PT Pos sebanyak Rp 172,9 miliar. Dari data Bank Indonesia (BI) remitansi terbesar berasal dari negara Saudi Arabia, menyusul dari negara Uni Emirat Arab dan Malaysia.

Dilihat dari tujuan remitasi tersebut, remitansi paling banyak dikirim ke Kabupaten Lombok Timur sebesar Rp 43 miliar, ke Lombok Tengah sebesar Rp 40 miliar dan ke Kabupaten Sumbawa sebesar 18 miliar. Tingginya angka remitansi ke tiga kabupten tersebut lantaran pengiriman TKI paling banyak berasal dari daereah itu(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply