Pola Hidup Berubah, Pasien Penyakit Jantung Meningkat

Radioterapi di RSUP NTB untuk menangani sakit jantung

Mataram (Global FM Lombok)- Dalam setahun terakhir, penyakit yang paling banyak ditangani oleh pihak RSUP NTB yaitu penyakit jantung. Tingginya masyarakat yang menderita penyakit jantung ini dinilai pengaruh dari pola hidup masyarakat. Pada tahun 2017 lalu, poli jantung menangani pasien sebanyak 15.201 orang.

Hal itu dikatakan Wakil Direktur Pelayanan pada RSUP NTB, dr. H. Agus Rusdhy Hariawan kepada wartawan Selasa (3/4) di Mataram. Ia mengatakan, selain poli jantung, masyarakat yang mengalami penyakit dalam juga banyak dirawat di RSUP NTB. Pada tahun 2017 lalu, jumlah pasien yang menjalani perawat di poli penyakit dalam I ( pasien penyakit dalam yang baru) dan poli penyakit dalam II ( pasien dengan kondisi kronis) cukup tinggi yaitu masing-masing sekitar 9.000 orang pertahun.

“Ya semua ini menggambarkan penyakit tidak menular. Ya kayak infeksi tadi, meski menduduki nomor tiga tapi di tempat lain berkurang.  Secara keseluruhan jantung dan hipertensi itu tidak menular. Yang tidak menular itu lebih karena life style, habit, dan pola hidup. Yang gerakan masyarakat hidup sehat itu, aktifitas minimal 30 menit sehari dan makan sayuran,”katanya

Tidak itu saja, dalam setahun RSUP NTB menangani 10 penyakit yang paling banyak mendapatkan pelayanan. Selain jantung dan penyakit dalam, dari 10 penyakit tersebut juga termasuk paru-paru sebanyak 8.619 pasien, fisioterapi sebanyak 9.436 pasien, bedah tulang sebanyak 6259 pasien dan penyakit mata sebanyak 6.116 pasien.

Dengan tingginya pasien yang mengalami penyakit jantung ini, diklaim karena RSUP NTB sudah memiliki dokter spesialis dan peralatan medis yang baik. Masyarakat diingatkan agar selalu menjaga kesehatan mulai dari makan buah dan sayur, olahraga dan istirahat yang cukup.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply