TP4D Kejari Mataram Dampingi 80 Proyek di Atas Rp 1 Miliar

Agus Taufikurahman

Mataram (Global FM lombok) -Sebanyak 80 item proyek tahun anggaran 2018 masuk ke meja TP4D Kejari Mataram. Jaksa bakal meneliti dulu berkas pengajuan tersebut. Sebelum diputuskan untuk dilakukan pengawalan. Kasi Intel Kejari Mataram, Agus Taufikkurahman mengatakan, sejumlah item yang diajukan untuk dikawal TP4D itu mayoritasnya proyek dengan anggaran Rp 1 miliar ke atas.

“Kebanyakan proyek fisik dan konstruksi sekitar 95 persennya,” ujarnya ditemui pekan lalu. Pemkot Mataram mengajukan paling banyak pendampingan, menyusul Lombok Barat, kemudian Lombok Utara.

Proyek yang akan didampingi TP4D Kejari Mataram tahun 2018 ini melonjak. Pada tahun 2017, Kejari Mataram sudah mendampingi 40 proyek.

Taufik menyebutkan, setiap proyek yang diajukan tersebut didampingi sejak sebelum tahap tender. TP4D akan meninjau terlebih dulu setiap pengajuan pendampingan.

“Kalau di tengah-tengah tidak bisa. Kita mendampinginya dari perencanaan, penyusunan dokumen lelang, tahap lelang, kemudian pelaksanaan,” jelasnya.

Setiap pihak yang berkaitan dengan proyek, terang dia, mematuhi persetujuan yang diutarakan dalam pre-contract meeting (PCM).

“Kuncinya di situ ditekankan apa-apa saja yang perlu diperhatikaan saat mengerjakan proyek agar tidak gaduh seperti proyek jembatan Dasan Agung tahun lalu,” papar Taufik.

Tahun ini, Pemkot Mataram menganggarkan lagi pekerjaan lanjutan Jembatan Dasan Agung sebesar Rp 1,8 miliar. Proyek tersebut di tahun 2017 hanya dituntaskan kontraktor pelaksana 30 persen pekerjaan. (why)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply