RSUP NTB Kini Miliki Alat Kesehatan Radioterapi

Radioterapi di RSUP NTB

Mataram (Global FM Lombok)- Untuk memastikan berjalannya pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat, Selasa, (27/3/) pagi, Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi melakukan sidak terkait pelayanan kesehatan dan ketersediaan alat medis yang memadai di RSUP NTB. Kedatangan Gubernur NTB disambut langsung Direktur RSUP NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri beserta jajaran.

Sebelum melakukan sidak ketersediaan Alkes, Gubernur berkesempatan melakukan dialog dengan beberapa pasien terkait dengan pelayanan dan kondisi kesehatan.Dalam sidak tersebut, Gubernur meninjau fasilitas kesehatan Radioterapi bagi penderita Kanker di RSUP NTB yang baru diadakan pada tahun 2017 dengan tipe Varian Clinac CX Linear Accelerator dan telah terinstall pada bulan Desember 2017.

Dengan adanya alat penunjang kesehatan Radioterapi tersebut, Gubernur berharap pelayanan kesehatan di RSUP NTB, khususnya bagi penderita kanker dapat dilakukan di NTB. Ia menjelaskan angka kunjungan penderita kanker di NTB mencapai 120 pasien kanker/hari. Selama ini RSUP NTB hanya melakukan rujukan bagi mereka ke Rumah Sakit Sanglah, Bali dan Rumah Sakit di Surabaya.

Sementara itu Direktur RSUP NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM berharap dengan hadirnya alat Radioterapi di RSUP NTB ini akan mampu memberikan pelayanan kesehatan terutama pada penderita penyakit Kanker yang angkanya terus meningkat. Ia mengatakan bahwa angka kunjungan pasien Kanker pada tahun 2015 di NTB sebesar 28.643 jiwa, dengan angka kunjungan 120 pasien kanker/hari.

Dikatakan Direktur bahwa saat ini RSUP NTB merupakan satu dari 17 Rumah Sakit di Indonesia yang memiliki alat Radioterapi. Ia berharap bulan Agustus mendatang alat canggih tersebut sudah dapat beroperasi, karena saat ini pihak RSUP NTB sedang menyiapkan kelengkapan administrasi penunjang untuk pengoperasian alat tersebut.(ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply