Bawa Senjata Tajam, Sebelas ODGJ Berkeliaran di Kota Mataram Ditertibkan

orang-gila ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Dalam tiga bulan terakhir ini, sebanyak sebelas Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di Kota Mataram ditertibkan oleh Tim Satgas Dinas Sosial Kota Mataram. Bahkan, ada juga satu orang ODGJ berkeliaran asal Seganteng Kota Mataram yang membawa senjata tajam dan membahahayakan warga. Tim Satgas berkoordinasi dengan Polres Kota Mataram untuk mengamankan ODGJ yang membawa senjata tajam tersebut.

Hal itu dikatakan Koordinator Satgas Sosial Dinas Sosial Kota Mataram, Hadi Suciawan, Senin (12/3) di Mataram. Menurutnya, kebanyakan dari ODGJ ini merupakan warga dari luar Kota Mataram, yakni dari Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan juga Lombok Barat. Untuk penanganan medis pertama, Dinas Sosial bekerjasama dengan Puskesmas setempat di mana ODGJ itu ditemukan. Kemudian, mereka akan dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma NTB untuk diobati dan  diberikan pembinaan lebih lanjut.

“Sesuai intruksi dari pak Plt Walikota, kita melakukan penertiban ODGJ. Selama ini banyak kita temukan di pinggiran jalan dan di tengah kota, emperan toko dan jalan lingkungan masih banyak ODGJ. Oleh karena itu kita memerlukan kerjasama dengan masyarakat, apabila menemukan ODGJ minta diinformasikan, kita akan turun untuk menertibkan. Sampai dengan saat ini sebelas ODGJ sudah kita amankan. Dari sejak Januari sampai Maret 2018”,imbuhnya.

Menurutnya, bagi ODGJ yang sudah sembuh maka akan dikembalikan kepada keluarganya masing-masing. Adapun biaya pengobatan mereka di RSUD ditanggung oleh pemerintah daerah. Namun,  bagi ODGJ yang tidak memiliki keluarga maupun tidak diterima oleh keluarganya akan diserahkan penanangannya ke Tim Satuan Tugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3SDinas Sosial Provinsi yang berkerjasama dengan RSJ Mutiara Sukma. (dha)-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply