Harga Bawang Merah di Pasar Tradisional Kota Mataram Turun

Bawang merah produksi petani NTB

Mataram (Global FM Lombok)- Harga bawang  merah di pasar  tradisional Kota Mataram terjadi penurunan. Saat ini, harganya Rp 15 ribu per kg. Sebelumnya, harga normal salah satu komuditas pertanian tersebut yaitu Rp 20 – 25 ribu kg.

Salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar tradisional Mandalika, Zainab kepada Global FM Lombok Sabtu di Mataram mengatakan, saat ini bawang merah yang dijual lebih banyak bersumber dari Pulau Sumbawa khususnya Bima. Sementara bawang merah dari pulau Lombok belum tersedia. Penurunan harga bawang merah ini sudah terjadi cukup lama dan diperkirakan karena persediaan yang melimpah. Penurunan harga salah satu komuditas pertanian ini disebut tidak mempengaruhi konsumen. Dimana, dalam sehari jumlah bawang merah yang mampu terjual yaitu sebanyak 50 – 60 kg.

Berbeda halnya dengan bawang putih, sejak sebulan yang lalu terjadi kenaikan. Harga bawang  putih khusus yang datang dari Pulau Jawa sebesar Rp 27 per kg. Sebelumnya harga bawang putih dari Pulau Jawa yaitu Rp 15 – 20 ribu per kg. Sementara harga bawang putih lokal yaitu sebesar Rp 80 per kg. Dia mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga bawang putih ini.

Seperti diketahui, tidak saja bawang putih beberapa komuditas pertanian lainnya juga mengalami kenaikan harga seperti cabai dan tomat. Harga cabai saat ini mencapai Rp 60 ribu per kg. Sehingga diharapkan, dengan usulan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) oleh pemerintah pusat untuk komuditas pertanian tersebut diperkirakan bisa menstabilkan harga di pasar.(azm)-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply