Beras dan cabai Rawit Sumbang Inflasi di NTB Bulan Februari

Sidak harga beras di Kota Mataram beberapa waktu lalu

Mataram (Global FM Lombok)- Pada bulan Februari 2018, Provinsi NTB mengalami inflasi sebesar 0,43 persen. Angka infl1asi ini berada di atas angka inflasi nasional yang tercatat sebesar 0,17 persen. Jika dirinci, Kota Mataram mengalami inflasi sebesar 0,44 persen dan Kota Bima mengalami inflasi sebesar 0,37 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB Endang Tri Wahyuningsih saat menyampaikan rilis angka inflasi di kantor BPS NTB, Kamis (1/3) mengatakan, komoditas yang paling besar memberikan sumbangan inflasi yaitu beras sebanyak 0,13 persen, sewa rumah 0,11 persen, cabai rawit 0,8 persen serta bawang putih sebesar 0,4 persen.

Secara umum, inflasi NTB bulan Februari 2018 sebesar 0,43 persen terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan dengan kenaikan indeks pada kelompok bahan makanan, kelompok perumahan, air serta listrik, kelompok sandang, kelompok makanan jadi, kelompok pendidikan, dan kelompok kesehatan.

Selain terjadi inflasi yang ditandai dengan naiknya sejumlah kebutuhan pokok, ada juga komoditas yang mengalami penurunan harga di Bulan Februari. Komoditas– komoditas yang mengalami penurunan harga antara lain daging ayam ras, jeruk, angkutan udara, dan kelapa.(ris)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply