Kemenpar Bantu Rp 1,5 Miliar untuk Agenda Festival Tambora 2018

Gunung Tambora dari kejuahan saat sunrise

Mataram (Global FM Lombok)-  Dalam waktu dekat, Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisata NTB akan menggelar Festival Pesona Tambora 2018. Untuk mensukseskan kegiatan ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI akan memberikan suntikan dana sebesar Rp 1,5 miliar.

Hal itu diungkapkan Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar RI,  Prof I Gede Pitana kepada wartawan Kamis (22/2) di Mataram. Ia merincikan, dari anggaran Rp 1,5 milyar  tersebut lebih banyak dialokasikan kepada promosi sebesar Rp 900 juta. Sementara bantuan sebesar Rp 600 juta dialokasikan untuk pelaksanaan kegiatan. Jumlah ini merupakan standar bantuan yang bisa diberikan pemerintah pusat  terhadap kegiatan-kegiatan yang masuk kedalam kalendar kegiatan nasional.  Karena secara keseluruhan, jumlah kegiatan didaerah yang masuk ke kalender nasional sebanyak 100 kegiatan.

“Maka disamping ada bantuan opersional di lapangan, yag kami tekankan adalah bantuan promosi. Promosi itu kita lakukan dengan nilai Rp 900 juta. Ini merupakan standar kami untuk event-even yang masuk ke nasional,”katanya

Menurutnya, jumlah bantuan yang diberikan pemerintah pusat di agenda Festival Tambora ini cukup kecil sehingga diharapkan ada keterlibatan pemerintah daerah dan masyarakat. Alokasi bantuan yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata lebih menekankan kepada promosi kegiatan. Karena kegiatan-kegiatan yang ada di daerah dinilai sangat bagus, namun promosi yang dilakukan masih sangat kurang. Padahal melalui promosi akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat kunjungan.

Untuk diketahui, Festival Tambora akan digelar pada awal April 2018 ini. Beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan salah satunya pawai budaya, Festival Mantar dan puncak acara akan digelar pada tanggal 11 April 2018 mendatang.(azm)-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply