Ratusan APK di Mataram Ditertibkan

Mataram (Global FM Lombok)- Ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018 ditertibkan pada Senin (19/2) pagi. Penertiban dilakukan oleh tim Satuan Tugas (satgas) yang telah dibentuk oleh Pemkot Mataram, yang terdiri dari Panswaslu Kota Mataram, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.  APK dalam bentuk stiker, banner dan bendera tersebut dicabut dan diangkut oleh petugas.

Ada tiga zona yang disisir pada penertiban yang pertama ini, yakni Mataram-Selaparang. Kemudian Cakranegara- Sandubaya dan Ampenan-Sekarbela. Ketua Panwaslu Kota Mataram, Ruslan mengatakan, APK  yang ditertibkan ini ditempel di pohon, tiang listrik dan di fasilitas umum. Termasuk juga di gedung pemerintah, sekolah maupun tempat ibadah.  Kemudian, untuk penertiban selanjutnya akan disasar APK yang berukuran besar.

“APK yang berada di pohon, di tempat ibadah. Barangkali itu yang disisir untuk yang pertama,  dan nanti diprioritas kedua mungkin untuk APK yang berukuran besar”,katanya.

Adapun untuk APK yang dipasang di papan reklame yang resmi, akan tetap direkomendasikan ke KPU untuk ditertibkan. Nantinya, KPU lah yang akan menghubungi masing-masing pasangan calon untuk menurunkan APKnya. Pasalnya, pasangan calonlah yang sebenarnya memiliki kewajiban untuk menurunkan APK nya itu. Kalau sampai batas waktu yang telah ditentukan oleh KPU tidak diturunkan maka tim terpadu lah yang akan menurunkannya.

‘Tim terpadu itu nanti dibentuk oleh pak Wali terdiri dari beberapa SKPD, kemudian KPU, Bawaslu ada di sana”,ujarnya.(dha)-

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply