Tidak Hanya ASN, CPNS Juga Akan Jalani Tes Urine Dadakan

tes urin ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Mataram akan menggelar tes urin dadakan kepada semua ASN lingkup Pemkot Mataram. Tidak hanya ASN, calon CPNS juga akan dites urine ketika menjalani diklat pra jabatan. Kalau ada yang terbukti menyalahgunakan narkoba, maka sanksi nya akan diserahkan kepada pembina kepegawaian masing-masing dalam hal ini kepala daerah.

Hal itu dikatakan Kepala BNN Kota Mataram, Nur Rachmat usai menemui Wakil Walikota Matram, H. Mohan Roliskana, Rabu (14/2). Ia mengatakan, tes urin menyeluruh ini merujuk kepada Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) No 57 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di lingkungan instansi pemerintah. Baginya, jangan sampai ASN yang digaji negara justru melanggar larangan yang dibuat oleh negera.

“Ya intinya setiap pemerintah itu harus melakukan sosialisasi tentang penyalahguna narkoba. Kemudian kita harus secara berkala melakukan tes urin terhadap seluruh ASN maupun calon ASN. Sayang toh, ini uang negara, ASN pegawai negara kok sampai menggunakan narkoba. Insya Allah tes urin menyeluruh, tapi masih rahasia, harus dadakan. Tes urin minimal satu kali setahun untuk memberikan warning kepada mereka (ASN) untuk jangan sampai mencoba pakai narkoba”,katanya.

Ia mengatakan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah menjalani tes urin akan diberikan sertifikat yang menyatakan bahwa OPD tersebut clean and clear dari penyalahgunaan narkoba. Dalam pelaksanaan tes urin ini, salah satu yang terpenting adalah sharing anggaran antara BNN dengan pemerintah daerah. Pasalnya, anggaran yang tersedia di BNN tidak mencukupi untuk pelaksanaan tes urine ini.

Sementara itu, sejauh ini baru pejabat eselon II dan para camat yang sudah dites urine di lingkup Pemkot Mataram, dan hasilnya negatif. Sementara ASN lainnya belum diketahui karena belum dilakukan tes urine. “Ini perlu anggaran, karena tidak sedikit ini yang perlu disiapkan”,ujarnya.(dha)-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply