Tanggul Sungai Jangkuk Ambruk Sepanjang 30 Meter

Tanggul sungai jangkuk roboh

Mataram (Global FM Lombok)- Tanggul bagian selatan sungai Jangkuk yang berada di wilayah Pejeruk Barat Kota Mataram ambruk sepanjang 30 meter. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (23/1) dini hari sekitar pukul 2:00 Wita. Akibatnya, belasan patok jalan yang dipasang ditempat tersebut ikut terjatuh. Kalau tidak segera ditangani, ada kemungkinan kerusakan tanggul akan semakin panjang lantaran sedang musim hujan yang mengakibatkan tanah uruk di tanggul itu hanyut terbawa air hujan.

Hal itu dikatakan Kepala Lingkungan Pejeruk Barat, H. Ramli ketika ditemui di pinggir sungai Jangkuk, Selasa (23/1) pagi.  Jarak tanggul ini hanya dibatasi jalan beraspal sekitar lima meter dengan perumahan warga. Karenanya, warga berharap segera dilakukan perbaikan. Selain itu, bahan meterial tanggul itu menurutnya harus menggunakan material yang lebih baik. Tidak seperti yang ada saat ini yang menurutnya kurang berkualitas sehingga menjadi penyebab tanggul mudah rusak.

“Jadi maunya sih masyarakat di sini, pemasangan talud ini lebih bagus lagi.  Supaya pemerintah dan masyarakat ini tidak ada yang rugi.  Iya segera diperbaiki. Dan campurannya ini kalau bisa lebih bagus lagi. Jangan kayak campuran mau buat apa. Kalau bisa lebih bagus lagi campuranya. Secepatnya aja dikerjakan ini karena ini kan tanah uruk campur pasir, tanah gunung. Sekarang kalau hujan pasti hanyut”,katanya.

Dilanjutkan Ramli, salah satu penyebab rusaknya tanggul tersebut juga dikarenakan banyak mobil dam yang melintas di jalan pinggir sungai Jangkuk. Pasalnya, getaran dari mobil yang rata-rata membawa batu itu membuat tanggul  yang baru berusia dua tahun itu tidak bisa bertahan lama. Sehingga butuh perhatian dari pemerintah agar ke depan tidak ada lagi mobil besar melintas di jalan itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Mataram, Mahmudin Tura mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) untuk melakukan perbaikan tanggul. Perbaikan menurutnya akan segera dilakukan agar tidak semakin parah.“Sudah saya pantau tadi pagi, kita berkoordinasi dengan BWS untuk perbaiki”,ujarnya.(dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply