USBN SD Tetap Tiga Mata Pelajaran

Anak SD

Mataram (Global FM Lombok)- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan kebijakan baru terkait ujian akhir jenjang Sekolah Dasar (SD). Kebijakan tersebut adalah menerapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi peserta didik kelas enam. USBN di tingkat SD ini, hanya untuk tiga mata pelajaaran, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika dan Bahasa Indonesia.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mataram, H. Sudenom di Kantor Walikota Mataram. Ia mengatakan, sebelumnya ada wacana pemerintah pusat akan menambah mata pelajaran untuk USBN tingkat SD tersebut menjadi delapan mata pelajaran. Namun, karena mendapat penolakan dari beberapa daerah, akhirnya mata pelajaran yang akan diujiankan tetap tiga mata pelajaran. Menurut Sudenom, sekolah di Mataram sudah siap untuk melaksanakan ujian dalam bentuk apapun, termasuk USBN.

Sudenom menerangkan, meski berbentuk USBN, namun soal ujian itu tidak akan sepenuhnya dibuat oleh pusat. Melainkan akan ada keterlibatan dari guru sekolah di daerah untuk membuat soal tersebut.  Selain itu, kalau USBN ini menjadi delapan mata pelajaran seperti wacana sebelumnya, maka itu akan berdampak terhadap siswa dan guru. Pasalnya, para guru harus membuat soal delapan mata pelajaran sesuai standar USBN. Mereka juga harus membimbing siswa untuk mempersiapkan USBN tersebut.(dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply