Pemda akan Fokus Rehabilitasi dan Publikasi UGG Rinjani

Keindahan di Gunung Rinjani yang saat ini sudah menjadi bagian dari Universal Global Geopark.

Mataram (Global FM lombok) –Pemerintah Provinsi NTB akan fokus melakukan rehabilitasi dan publikasi Rinjani sebagai Universal Global Geopark (UGG). Ini merupakan dua hal yang harus dilakukan untuk mendatangkan banyak wisatawan ke NTB, khususnya Rinjani.

“Saya sudah lihat pengumumannya dan kita memang harus bersyukur karena Rinjani masuk dalam geopark dunia. Kita (Pemda NTB) akan fokus pada rehabilitasi dan publikasi Rinjani sebagai salah satu dari banyak geopark di dunia,” kata Sekda NTB Dr. H. Rosyadi H. Sayuti, di Mataram, Sabtu (20/1).

Ia mengatakan bahwa ini merupakan salah satu kesempatan bagi NTB untuk semakin memperkenalkan potensi yang dimilikinya. Setelah Rinjani ditetapkan sebagai geopark dunia, tentu saja akan banyak wisatawan yang akan mencari tahu tentang Rinjani. Oleh sebab itu publikasi menjadi hal yang sangat penting saat ini.

“Semua kita perkuat, termasuk soal publikasi ini,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan berbagai upaya untuk mengatasi persoalan sampah yang masih ada di Rinjani. Ia melihat bahwa sampah ini seolah-olah menjadi budaya yang sangat sulit untuk diatasi. Namun pihaknya akan terus melakukan berbagai hal untuk mengurangi volume sampah di Rinjani.

“Nanti kita tetapkan awik-awik, ada sistem deposit sampah dan sebagainya. Tentu saja persoalan sampah ini menjadi hal yang paling utama yang harus kita perhatikan bersama,” ujarnya.

Sekda juga mengingatkan kepada pendaki agar membawa kembali sampahnya. Ia mengajak semua pendaki agar bersama-sama menjaga Rinjani. Apalagi saat ini Rinjani sudah menjadi geopark dunia yang bisa saja diperhatikan  oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Ini merupakan hal yang penting, sebab wisatawan melihat persoalan kebersihan adalah hal yang utama.

Selain itu, soal kualitas sumber daya manusia juga masih perlu ditingkatkan. Destinasi berkelas dunia juga harus memiliki pelayanan yang berkelas dunia pula. Sehingga wisatawan merasa senang dan betah dalam kunjungannya ke NTB, khususnya Lombok. Ini menjadi tugas semua pihak, sehingga Rinjani bisa terus menjadi geopark dunia di masa mendatang.

Diketahui bahwa penetapan geopark dunia pada Rinjani belaku selama empat tahun saja. Setelah itu, Unesco akan melakukan penilaian kembali untuk dapat menetapkan atau tidak menetapkan kembali Rinjani sebagai geopark dunia. Inilah tantangan terberat bagi semua pihak termasuk Pemda, yaitu mempertahankan predikat UGG yang telah disandang Rinjani saat ini. (lin)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply