Antisipasi Bencana Longsor, BPBD NTB Sudah Lakukan Perbaikan Tebing Sembalun

Longsor di jalur Pusuk Sembalun beberapa waktu lalu

Mataram (Global FM Lombok)- Wilayah Sembalun Kabupaten Lombok Timur merupakan daerah yang rawan longsor. Dua pekan yang lalu terjadi longsor yang menyebabkan satu orang meninggal dunia. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi kembali, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB sudah melakukan perbaikan tebing sekitar 300 meter.

Hal itu dikatakan Kepala BPBD NTB, H. Muhammad Rum kepada Global FM Lombok di Mataram. Ia mengatakan, perbaikan tebing tersebut ditargetkan selesai pada akhir bulan ini. Karena alokasi anggarannya pada tahun 2017 kemarin sebesar Rp 8 miliar. Perbaikan tebing ini masih dipusatkan di Sembalun.

Ditambahkan Rum, selain tanah longsor, yang dikawatirkan di Sembalun juga pohon tumbang. Karena banyak pohon-pohon yang sudah rapuh tidak ditebang. BPBD Provinsi NTB sudah berkoodinasi dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) untuk melakukan penebangan. Selain menyasar pohon yang sudah rapuh, BPBD NTB juga menebang pohon yang berpotensi tumbang ke jalan.

Penebangan ini sudah dilakukan oleh BPBD NTB, bersama pemerintah daerah setempat karena perubahan cuaca saat ini, rawan terjadi banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.  Semua kabupaten kota di NTB sudah menetapkan status siaga darurat.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply