BNPB Siapkan Anggaran Rp 166 Miliar untuk Perbaiki Rumah Korban Banjir Bima

Banjir rendam Bima tahun 2016 lalu

Mataram (Global FM Lombok)- Pada tahun ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencairkan anggaran untuk perbaikan rumah korban banjir di Bima yang terjadi di akhir tahun 2016 lalu. Alokasi anggaran yang disiapkan yaitu sebesar 166,9 miliar. Jumlah rumah yang akan diperbaiki yaitu sebanyak 1.200 unit rumah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB, H. Muhammad Rum kepada Global FM Lombok Kamis (18/1) di Mataram mengatakan, perbaikan rumah ini akan mulai dilakukan pada triwulan ketiga 2018 ini. Anggaran yang tersedia tidak saja akan dialokasikan untuk perbaikan rumah korban banjir, melainkan infrastruktur yang sudah rusak seperti pipa air bersih, jembatan dan tanggul sungai.

Jumlah bantuan yang akan diberikan kepada korban banjir yaitu sekitar Rp 69 juta per unit rumah. Sebelumnya, bantuan yang akan diperoleh sebesar Rp 40 juta per unit. Namun, berdasarkan perhitungan, jumlah tersebut tidak bisa merampungkan pembangunan satu unit rumah, sehingga jumlah bantuannya dutambah.

Yang pertama sudah dapat anggaran untuk perbaikan kembali rumah akibat banjir di Bima tahun 2016 yang lalu. Total dana yang diberikan sebanayk 166,9 miliar. Kemungkinan akan digunakan tidak semuanya untuk rumah, karena ada peningkatan harga satuan. Dari 40 juta per rumah menjadi 69 juta per rumah . Sekitar 1200 rumah yang akan dibangun,” kata Muhammad Rum, Kamis (18/1) di Mataram.

Sementara bantuan untuk perbaikan rumah korban banjir di Kabupaten Lombok Timur belum diketahui secara pasti. Namun BPBD NTB sudah lama mengusulkan anggaran ke BNPB. Banjir yang terjadi pada bulan November 2017 lalu di Kecamatan Keruak Lombok Timur mengakibatkan ratusan rumah warga rusak parah.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply