KPU NTB Ingatkan Bakal Pasangan Calon Segera Serahkan Surat Mundur dan Surat Cuti

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori

Mataram ( Global FM Lombok)- KPU Provinsi NTB kembali mengingatkan bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang sedang menjadi penyelenggara negara agar segera menyerahkan surat pengunduran diri serta surat cuti bagi kepala daerah.

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori saat menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan di Kantor KPU NTB Rabu (17/1) pagi mengatakan, bakal calon Gubernur NTB yang duduk di kursi DPR RI atas nama Zulkieflimansyah serta bakal calon Wakil Gubernur NTB yang duduk di kursi DPRD NTB atas nama Mori Hanafi harus  menyerahkan surat pengunduran diri.

Untuk sementara ini, mereka boleh menyerahkan surat keterangan dari pimpinan legislatif yang menjelaskan bahwa yang bersangkutan sedang memproses pemberhentiannya. Surat keterangan awal ini masih diberikan kesempatan paling lambat tanggal 16 Februari 2018. Sementara SK pemberhentiannnya dari anggota DPR paling hambat diterima oleh KPU 30 hari sebelum pemunguatan suara atau sekitar tanggal28 Mei 2018.

Selanjutnya ada tiga bakal calon Gubernur dan satu bakal calon Wakil Gubernur yang berasal dari kepala daerah yaitu Ahyar Abduh, Suhaili FT , Ali BD dan Muhammad Amin  yang harus mendapatkan izin cuti untuk kampanye. Izin cuti tersebut paling lambat diserahkan sebelum masa kampanye tanggal 15 Februari 2018. Jika mereka belum mendapatkan izin cuti, mereka tidak diperbolehkan melakukan aktifitas kampanye.

Menurut Aksar, bakal calon yang berasal dari bupati/walikota dan wakil gubernur jika diketahui melakukan aktifitas kampanye tanpa mengantongi izin cuti, Bawaslu bisa langsung memberikan sanksi yang tegas. Bahkan sanksi bisa berupa pembatalan yang bersangkutan menjadi calon kepala daerah. “Jika Bawaslu menemukan  pelanggaran bisa berakibat pada pembatalan calon. Ini juga harus segera diprose izin cutinya,” kata Aksar.(ris)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply