Kenaikan Harga Cabai di Provinsi NTB Dinilai Masih Wajar

Pedagang di Pasar Dasan Agung Mataram

Mataram (Global FM Lombok)- Harga cabai saat ini merangkak naik. Meski terjadi kenaikan, harga salah satu komuditas pertanian ini dinilai  masih wajar. Di daerah-daerah lain, harga cabai cukup tinggi yaitu mencapai Rp 60 ribu per kg. Sementara di Provinsi NTB, harga cabai sebesar Rp 40 ribu per kg.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTB, Husnul Fauzi kepada Global FM Lombok di Mataram. Ia mengatakan, harga cabai ditingkat petani  sebesar Rp 22 – 25 ribu per kg. Setelah dijual di pasar, harga yang diberikan kepada konsumen dinilai masih wajar yaitu Rp 40 ribu per kg. Karena, sebagian pedagang sudah memilih dan membersihkan cabai yang akan dijual agar lebih menarik pembeli.

Husnul Fauzi mengkhawatirkan, jika harga cabai ditingkat petani murah sementara di pasar cukup tinggi. Karena kondisi ini hanya akan menguntungkan para pedagang. Namun, yang terjadi saat ini, selisih harga antara petani dan pedagang tidak terlalu tinggi.

Sementara itu salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Kebon Roek Ampenan, Saenah mengatakan, harga cabai saat ini yaitu sebesar Rp 40 per kg dengan modal yang dikeluarkan Rp 35 ribu per kg. Dia mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan tersebut. Dengan perubahan harga saat ini, dia hanya mendapatkan sedikit keuntungan.

“Kalau kita jual dengan yang tinggi, tidak ada yang mau beli. Jadinya tidak apa-apa kita dapat keuntungan sedikit,”katanya.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply