UNBK 100 Persen, Sekolah Yang Tidak Punya Fasilitas Diminta Numpang

UNBK ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB menargetkan, semua SMK di NTB bisa menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ini. Jumlah SMK di Provinsi NTB sebanyak 302 sekolah baik swasta maupun negeri. Sekolah-sekolah yang tidak memiliki fasilitas yang lengkap diharapkan bisa bergabung dengan sekolah lain.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, L. Hasbulwadi kepada Global FM Lombok Jum’at (5/1) di Mataram. Ia merincikan, 302 SMK di NTB itu terdiri dari 89 SMK Negeri dan 203 SMK Swasta. Namun, khusus untuk SMK negeri ditekankan agar bisa menggelar UNBK tahun ini. Sementara untuk SMK Swasta yang bisa menggelar UNBK secara mandiri hanya beberapa sekolah saja.

Pelaksanaan UNBK ini dinilai bisa meningkatkan kualitas hasil ujian. Karena dengan UNBK dipastikan tidak ada kecurangan. Biasanya, setiap pelaksanaan ujian nasional, kerap ditemukan adanya kunci jawaban palsu. Sehingga dengan UNBK  itu,  tindak-tindakan yang melanggar aturan tersebut tidak akan terjadi.

Tahun lalu katanya, jumlah SMK yang menggelar UNBK sebanyak 92 persen. Untuk mendukung pelaksanaan UNBK oleh semua SMK, Dinas Dikbud NTB memberikan bantuan fasilitas pendukung seperti komputer. Hasbulwadi belum bisa merincikan dengan jelas jumlah bantuan yang akan diberikan tahun ini karena masih dalam pendataan oleh petugas.(azm)-

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply