Pilkada NTB Semakin Dekat, Perekaman KTP Elektronik Dikebut

Dr Ashari, SH, MH

Mataram ( Global FM Lombok)- Pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi NTB bulan Juni mendatang semakin dekat. Karena itu proses perekaman dan pencetakan KTP elektronik juga dipercepat agar hak pilih warga NTB tak melayang saat hari pemungutan suara. Sampai akhir Desember kemarin, jumlah warga NTB yang belum merekam KTP elektronik tinggal 360 ribu orang dari total 3,7 juta warga yang wajib KTP.

Hal itu disampaikan Dinas PMPD Kependudukan dan Catatan Sipil, Dr Ashari kepada Global FM Lombok di Mataram, Rabu (3/2). Ia mengatakan, awalnya Dinas PMPD Kependudukan dan Catatan Sipil menargetkan perekaman selesai bulan Desember kemarin. Karena tidak tercapai, target baru optimis akan tercapai bulan Maret mendatang.

“Saya sih ancar-ancar saya bulan Maret selesai, karena melihat progresifnya pemerintah kabupaten/kota melakukan perekaman. Ada juga kabupaten/kota yang membeli sendiri alat perekaman KTP elektronik itu,” kata Ashari.

Ashari mengatakan, banyaknya peralatan yang rusak sempat menjadi kendala dalam mempercepat penuntasan KTP elektronik seperti server, CPU, iris mata, printer, perekam tanda tangan, dan sidik jari. Namun kini, tim dari Kemendagri sudah turun untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan pada peralatan perekaman KTP elektronik tersebut hingga prosesnya lebih lancar.

Ia mengatakan, selama November hingga Desember 2017 lalu, jumlah KTP elektronik baru yang berhasil direkam sebanyak 20 ribu di seluruh NTB. Progress yang bagus ini akan dipercepat di tahun 2018 agar seluruh warga yang sudah wajib KTP tidak ada yang terlewatkan.(ris)

 

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply