Dinyatakan Negatif, Dinas Kesehatan Belum Lakukan ORI

Imunisasi Difteri ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Dinas Kesehatan Provinsi NTB hingga saat ini belum melakukan Outbreak Respond Immunization (ORI) atau pemberian imunisasi secara menyeluruh untuk mencegah difetri di Bima. Karena Pemprov NTB akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah pusat mengingat lima kasus suspect difteri di Bima dinyatakan negatif.

Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas atau Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Marjito kepada Global FM Lombok Rabu (3/1) di Mataram. Ia mengatakan, berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan RI, setiap daerah harus melakukan ORI jika ditemukan suspecet difteri meski hanya satu kasus. Konsultasi dilakukan untuk menentukan apakah tetap akan dilakukan ORI atau ditunda jika suspect difteri sudah dinyatakan negatif.

Diterangkannya, imunisasi secara menyeluruh sudah disiapkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Namun, yang menjadi kendala adalah biaya operasionalnya yang dinilai cukup besar. Karena  jika Kabupaten  Bima dan Kota Bima dilakukan ORI maka, tiga kabupaten di Pulau Lombok seperti Lombok Tengah, Lombok Barat dan Lombok Utara harus dilakukan tindakan yang sama. Karena di tiga daerah tersebut juga ditemukan suspect difteri. Dinas Kesehatan sudah melakukan pendataan terhadap masyarakat yang akan mendapatkan imunisasi tersebut di Kabupaten Bima dan Kota Bima.(azm)-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply