Inilah Belasan Event Pariwisata di Sumbawa Tahun 2018

salah satu destinasi di pulau moyo, kab Sumbawa

Mataram (Global FM Lombok ) –Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu daerah yang serius menggarap potensi pariwisatanya. Tahun 2018 sudah ada belasan event yang siap untuk diselenggarakan. Semuanya kegiatan itu dimulai sejak Januari hingga November, sehingga setiap bulannya wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas budaya yang disuguhkan oleh Pemda dan masyarakat.

Belasan kegiatan itu diantaranya pesta rakyat pada Januari, Ponan dan Labangka Fiesta pada Februari, SAKA buffalo race championship dan kemah wisata pada Maret. Pada bulan April ada ekspedisi pulau kecil, Mei ada semalam di dalam Loka, Juni ada festival Teba Murin, Juli ada Festival Pesona Moyo dan Agustus ada Festival Kampung Syahdu, Samba dan MU. Sedangkan pada September ada Sail Moyo Tambora, Festival Melala dan Festival Teluk Saleh. Pada Oktober ada Rantok 1001 Denang dan November ada Festival Pesona Agal dan Festival Pesona Paraso.

“Semua kegiatan itu ada yang kegiatan nasional dan ada yang tidak. Yang jelas kita sudah siap menyelenggarakan berbagai event untuk datangkan banyak wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbawa, Junaidi.

Ia mengatakan bahwa semua kegiatan itu merupakan kegiatan yang penting sebagai promosi pariwisata Sumbawa. Ini juga ajang untuk meningkatkan kearifan lokal warga setempat. Sebab pariwisata Sumbawa dirancang sebagai pariwisata berbasis masyarakat. Dengan harapan masyarakat Sumbawa dapat terlibat langsung dan menjadi bagian dari dunia pariwisata saat ini.

“Kita ingin masyarakat merasa memiliki. Selain itu, ini juga ajang untuk mempertahankan dan melestarikan budaya yang kita miliki,” ujarnya.

Ia berharap kalender event yang dibuat itu bisa menjadi acuan para pelaku usaha pariwisata untuk membuat paket perjalanan wisata ke Sumbawa. Sebab selain alam, Sumbawa juga memiliki budaya yang tidak kalah menarik untuk disaksikan.“Kita punya budaya yang banyak dan bisa disaksikan oleh wisatawan. Ini diharapkan bisa menjadi atrakasi menarik untuk menggaet wisatawan berkunjung,” harapnya.

Kedepannya, Pemkab Sumbawa akan menggencarkan berbagai macam promosi wisata dan budaya. Apalagi Sumbawa sudah dikenal dengan Pulau Moyo yang indah. Sehingga promosi secara berkelanjutan melalui berbagai event ini diharapkan bisa menguatkan posisi Pulau Moyo sebagai salah satu destinasi wiata unggulan di Sumbawa. (lin)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply