Masyarakat Dusun Cemara Lembar Budidayakan Madu Trigona

budidaya lebah madu trigona

Mataram (Global FM Lombok)- Masyarakat dusun Cemara Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat bersama Palang Merah (PMI) NTB mengembangkan usaha madu trigona. Pemgembangan usaha ini dilakukan agar masyarakat setempat memiliki usaha lain. Karena rata-rata mata pencaharian masyarakat Dusun Cemara yaitu nelayan.

Hal itu dikatakan Kepala Dusun Cemara Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, Solikin Sabtu (9/12). Ia mengatakan, usaha madu trigona ini sudah dirintis sejak dua tahun yang lalu. Saat ini, pembudidayaan yang dimiliki baru tujuh kotak. Adapun madu yang dihasilkan dalam satu kotak yaitu sekitar 150 – 250 ml.

Saat ini, madu trigona yang dihasilkan sudah bisa dipasarkan hingga ke luar daerah seperti Kota Bogor. Selain itu, peminatnya cukup tinggi, karena madu trigona berbeda dengan madu-madu yang lain. Salah satu manfaat mengkonsumsi madu trigona yaitu dapat menyehatkan tubuh. Sehingga, masyarakat setempat bersama PMI memperluas pengembangan madu trigona tersebut.

Sementara untuk masa panen, lebah trigona bisa menghasilkan madu dalam jangka sebulan hingga tiga bulan sekali. Hal ini tergantung dari jenis makanan yang dimakan.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply